Lumbung Pitih Modern


Lumbung adalah Rumah/Gudang tempat penyimpanan. Sedangkan Pitih adalah bahasa Minang yang artinya Uang atau Duit. Jadi Lumbung Pitih artinya tempat penyimpanan uang atau duit alias Pitih.

Peranan Lumbung Pitih Nagari


Pada zaman dahulu di daerah Minangkabau Lumbung Pitih sangat berperanan untuk kemajuan sebuah nagari. Pada perkembangannya Lumbung kini sudah terkikis semakin sedikit keberadaannya.

Lumbung pitih yang dimaksud dalam website ini tidaklah sepenuhnya menggambarkan Lumbung Pitih Tradisional. Namun peranannya lebih kurang sama. Jika kita arif menyikapinya. Namun lumbung Pitih di sini bukanlah lembaga namun sekadar website panduan rujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Sumatra Barat khususnya yang ingin menitipkan/menginvestasikan dana/uang yang lebih aman dan lebih beruntung dari menyimpannya di bawah bantal, atau di bank-bank biasa.

Menabung di bank sendiri pada awal perkembangannya tidak banyak dilakukan. Karena ada jaminan dan kepercayaan masyarakat bertambah seiring terkikisnya kepercayaan sesamanya maka ke lembaga keuangan seperti bank lebih terjamin. Maka berduyun-duyunlah masyarakat menyimpannya di bank. Namin seiring perkembangan zaman dan inflasi, menabung di bank tidak lagi menguntungkan apalagi bagi masyarakat kecil. Jika dilakukan penghitungan seorang yang menyimpan uang 5 juta di bank. Maka dalam setahun, maka mereka minus sekitar Rp 40.000,- pertahun itu di luar inflasi yang kisaran kenaikannya lebih dari 10% per tahun.

Itu artinya menabung di bank bukan tempat yang aman dan tepat. Sekarang sudah banyak Lembaga keuangan non bank yang menyediakan platform investasi reksadana unit link terkait asuransi. Dalam jangka yang panjang maka di samping keuntungan yang lumayan, juga dapat penggantian biaya berobat dan rawat inap.  Artinya lebih beruntung dari menabung di lembaga keuangan biasa seperti bank-bank dan asuransi tradisional yang tidak terkait unit link (yang jika asuransi tidak diklaim maka uang hilang).  Untuk lebih jelasnya dan jika anda ingin lebih jelas dapat menghubungi saya di yuditea@windowslive.com
Share on Google Plus

About Saida Waliya

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment